BLOG INI MEMANG JAUH DARI SEMPURNA, JADI MOHON MAAF SEBESAR-BESARNYA

Sabtu, 03 November 2012

TIK (BAHASA PEMROGRAMAN)


Bahasa Pemrograman/Language


Bahasa pemrograman merupakan elemen yang menghubungkan antara user/brainware dengan komputer, saat ini sudah banyak dikenal bahasa pemrograman seperti FORTRAN, ASSEMBLY, BASIC, PASCAL, COBOL, C, ProLog. Bahasa ini disusun berdasarkan kebutuhan dan tujuan penggunaannya. Setiap bahasa program memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.
þ  Fortran
Fortran singkatan dari formula translator berfungsi untuk menangani aplikasi bidang matematika dan perumusannya. Program Fortran merupakan bahasa tingkat tinggi (high level language) yang tidak bergantung pada mesin yang digunakan.
þ  Assembly
Bahasa ini bertujuan untuk menangani aplikasi yang berhubungan secara langsung ke peralatan fisik. Bahasa assembly digunakan untuk mengidentifikasi mesin komputer dengan kecepatan sangat tinggi. Tetapi bahasa ini menjadi rumit dan sulit untuk dipelajari, karena harus dirancang sesuai dengan mesin komputer yang dipakai.
þ  Basic
Basic singkatan dari Beginner's All Symbolic Interchange Code. Program ini juga   bertujuan menangani aplikasi matematika, tetapi banyak juga digunakan pada aplikasi akuntansi, permainan, dan Iain-lain. Bahasa Basic sederhana sehingga mudah untuk dipahami.
þ  Pascal
Nama Pascal diambil dari nama matematika wan terkenal asal Perancis, Blaise Pascal. Bahasa ini memiliki keunggulan pada struktur data dan database. Pascal merupakan bahasa ALGOL. Bahasa Pascal dikembangkan oleh banyak pihak di antaranya ANSI (American National Standard Institute) dengan hasil ANSI PASCAL dan oleh Borland dengan nama Turbo Pascal. Sampai saat ini generasi Turbo Pascal sudah sampai versi 7.0. Pascal versi 5.5 ke atas sudah dapat menampilkan bentuk gambar dan gran'k, sedangkan versi sebelumnya tidak dapat melakukan hal tersebut.
Pascal terdiri dari dua versi yaitu versi under DOS dan versi under Windows. Pascal yang ada di Windows menggunakan nama TPW (Turbo Pascal for Windows). Di pasaran, TPW yang masik banyak dijumpai adalah TPW 1.5. Versi ini juga tidak dapat menampilkan gambar dan grafik.
þ  COBOL
Cobol singkatan dari Common Business Oriented Language yang merupakan bahasa program untuk aplikasi bisnis, akuntansi dan perdagangan. Sebagai program aplikasi bisnis dan perdagangan, program ini banyak digunakan dalam bidang ekonomi baik berskala nasional maupun internasional.
þ  Bahasa C
Bahasa ini diharapkan dapat menggantikan bahasa Assembly yang memang sulit untuk dipahami. Saat ini, banyak bahasa beranliasi dengan bahasa C, contohnya Norton Utility, SPSS, dBASE dan sebagainya. Saat ini, bahasa-bahasa yang beranliasi dengan bahasa C banyak digunakan pada bidang penelitian dan pengolahan data statjstik.
þ  Paket Program
Paket program merupakan program yang terdiri atas beberapa fungsi secara simultan dan terpadu. Dengan satu buah paket program diharapkan mampu menyelesaikan beberapa pekerjaan sekaligus sehingga tidak perlu berpindah ke program yang lain. Berpindah dari satu program ke program lain yang tidak satu perusahaan produksi akan mengganggu operasional komputer. Selain itu, user harus belajar cara dan teknik yang baru sesuai dengan keinginan pembuat program.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar